Woodrow Wilson: Dikecam Sebagian Warga GANDAR, Dikagumi Rakyat Ceko

Woodrow Wilson: Dikecam Sebagian Warga GANDAR, Dikagumi Rakyat Ceko

Warisan mantan presiden Amerika Thomas Woodrow Wilson akan dikaji kembali dengan tajam oleh para pendukung gerakan Black Lives Matter di Amerika, tetapi di setidaknya satu negara di luar negeri, posisinya pada sejarah tidak perlu dipersoalkan teristimewa.

Wilson, yang menjabat di Gedung Putih dari 1913 hingga 1921, “kini dikritik sebab pandangannya yang dianggap rasis sekitar yang saya tahu, ” sekapur Zdenek Beranek, diplomat Republik Ceko di Washington.

Kaum Ceko menolak rasisme segala bentuk, kata Beranek dalam sebuah ramah dengan VOA, tetapi “kami menilai apa yang dilakukannya untuk kerabat kami. Wilson menginvestasikan modal politiknya untuk kemerdekaan negara saya. ”

Wilson, yang lumrah secara internasional karena perannya di membentuk kembali tatanan dunia setelah Perang Dunia I, baru-baru tersebut berada di bawah incaran pada tengah gerakan nasional untuk menghilangkan patung-patung jenderal Konfederasi dan para-para pemimpin bersejarah lainnya yang dituduh pernah memiliki budak atau menanggung pemisahan ras. [lt/pp]