WHO: Kasus Covid-19 Bulan Oktober Melampaui Kasus Enam Bulan Pertama

WHO: Kasus Covid-19 Bulan Oktober Melampaui Kasus Enam Bulan Pertama

Kepala Badan Kesehatan Negeri WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan kasus virus corona di seluruh dunia empat minggu terakhir itu jauh lebih banyak dibanding kasus enam bulan pertama pandemi.

Dalam penjelasan mingguannya lantaran markas WHO di Jenewa, Ghebreyesus hari Jumat (20/11) mengatakan rumah sakit dan unit perawatan perlu di seluruh Eropa dan Amerika kini penuh.

Taat John Hopkins Coronavirus Resource Center, sejak pandemi global ini berlaku Maret lalu, lebih dari 57 juta kasus telah dilaporkan dalam seluruh belahan dunia dan lebih dari 1, 3 juta karakter meninggal.

Jumlah urusan Covid-19 di Eropa hari Jumat ini melampaui angka 15 juta orang, di India lebih daripada sembilan juta orang dan Meksiko melaporkan 100 ribu kematian akibat virus corona. Meksiko adalah negeri keempat yang mencapai angka sempurna itu setelah Amerika, Brasil dan India.

Amerika sedang menjadi negara dengan jumlah penanggung dan korban meninggal tertinggi pada dunia, yaitu 11, 7 juta orang. Amerika kini menghadapi sama lebih dari 1. 300 target meninggal dunia per hari kelanjutan Covid-19, yang tertinggi sejak virus mematikan ini merebak di semesta New York pada musim semi lalu.

Perusahaan farmasi Pfizer dan mitranya di Jerman, BioNTech, hari Jumat mengatakan mereka telah mengajukan otorisasi darurat di dalam Badan Pengawas Obat dan Sasaran Amerika FDA untuk menggunakan vaksin Covid-19 yang mereka kembangkan, dengan mengatakan mereka siap memulai pembagian beberapa jam setelah otorisasi. Tuntutan itu disampaikan setelah perusahaan tersebut mengatakan hasil pengujian menunjukkan vaksin memiliki tingkat efektifitas 95persen tanpa masalah keamanan serius hingga era ini.

Menteri Kesehatan tubuh Amerika Alex Azar mengatakan FDA dapat membuat keputusan tentang penerapan darurat kandidat vaksin itu di dalam beberapa minggu ke depan. [em/pp]