Ustaz Sunni Terkemuka di Pakistan Dibunuh

Ustaz Sunni Terkemuka di Pakistan Dibunuh

Polisi di Pakistan selatan mengatakan seorang ulama mulia dan supirnya telah ditembak hancur dalam sebuah serangan yang diduga terkait sektarian.

Maulana Adil Khan, ulama yang dibunuh itu, sedang dalam perjalanan pulang pada Sabtu (10/10) malam ketika beberapa pria bersenjata yang mengendarai sebuah motor menghujani mobilnya secara peluru di sebuah kawasan rekan di Karachi.

Khan, seorang akademisi dari sekte Sunni Doebandi, mengelola pesantren yang diberi nama Jamia Farooqia, di praja terbesar di Pakistan yang berpenduduk 15 juta orang.

Selama bertahun-tahun, Karachi telah menemui kekerasan politik, sektarian dan bersemangat yang telah menyebabkan ribuan mati. Namun, para pejabat mengatakan bermacam-macam operasi keamanan selama bertahun-tahun telah menyebabkan situasi membaik di kota pelabuhan itu, meskipun beberapa serbuan yang terisolasi masih terjadi.

Perdana Menteri Imran Khan mengecam pembunuhan ulama itu dan menyalahkan India karena berusaha membakar konflik sektarian di Pakistan.

“Pemerintahan saya sudah cakap & saya berulang kali membuktikan ini di TV, sejak 3 bulan lalu India berusaha untuk membunuh para akademisi dari aliran Sunni & Syiah untuk menciptakan konflik sektarian di seluruh negara ini, ” cuit Khan melalui Twitter.

Dia mengatakan bahwa agen-agen keamanan Pakistan telah mencegah “beberapa upaya itu” dalam beberapa bulan belakangan. “Ulama kita dari seluruh sekte harus memastikan agar masyarakat tidak terjebak dalam plot India untuk mendestabilisasi Pakistan, ” tambahan Khan.

India belum segera mengomentari tuduhan itu. [vm/ft]