Sekjen PBB Serukan Solidaritas Global dalam Perangi Pandemi

Sekjen PBB Antonio Guterres menyerukan solidaritas global dalam memerangi pandemi. Ia mendesak para kepala global untuk mengambil kesimpulan berani yang diperlukan untuk mengakhiri pandemi sedini kira-kira.

COVID-19 tidak bisa dikalahkan satu negara pada satu waktu, sirih Guterres ketika menyampaikan pidato pada pembukaan Majelis Kesehatan Dunia (WHA) ke-74, yang dimulai Senin (24/5) pada Wina. Para pemimpin dunia harus segera meningkatkan agenda global untuk akses yang adil ke vaksin, ulangan dan perawatan COVID-19, prawacana ketua PBB itu mencuaikan tautan video.

“COVID-19 tidak bisa dilihat secara terpisah dari urusan mendasar sistem kesehatan kita: ketidaksetaraan, kekurangan dana, menemui puas diri, penelantaran. Dengan sistem perawatan kesehatan pokok yang tepat, kita hendak pulih lebih cepat dari pandemi ini, dan mencegah pandemi berikutnya sebelum terjadi, ” tambah Guterres.

Ia mengatakan wujud perawatan kesehatan lain tidak boleh diabaikan, tetapi bekerja maju bersamaan pencegahan COVID.

“Upaya kita untuk pulih dari COVID-19 tidak boleh mengorbankan perawatan kesehatan penting lainnya, sejak layanan reproduksi wanita had vaksinasi anak-anak dan cakupan kesehatan jiwa, ” katanya. COVID-19 harus menjadi titik balik, Guterres menekankan. [ka/ft]