Proses Jantung Raja Norwegia Berjalan Sukses

Proses Jantung Raja Norwegia Berjalan Sukses

Raja Norwegia Harald V yang berusia 83 tarikh menjalani operasi untuk mengganti klep jantung di rumah sakit di Oslo, Jumat (9/10). Pihak istana mengumumkan operasi itu berjalan lulus dan kondisinya digambarkan dalam laksana baik.

Seusai berdiam di Klinik Kardiovaskular dan Peparu di rumah sakit Rikshospitalet, indra dipindahkan ke unit perawatan sungguh-sungguh untuk observasi lebih jauh, kata pendahuluan dokter pribadi raja, Bjoern Bendz, dalam pernyataan dari istana. Bendz mengatakan intervensi itu penting buat memperbaiki pernafasan raja dan dia menambahkan bahwa operasi ini dikerjakan secara rutin.

Kamar lalu, raja dirawat di vila sakit akibat sesak nafas. Para-para dokter menyatakan raja tidak mengidap COVID-19.

Setelah proses hari Jumat (9/10), pihak istana mengatakan raja akan mengambil terlanjur sakit hingga Oktober. Putranya sekali lalu pewaris takhta, Pangeran Haakon, telah turun tangan dan mengambil alih tugas-tugas ayahnya.

Bagian istana mengatakan operasi itu bukan bedah jantung terbuka dan baginda tetap sadar selama operasi dikerjakan lewat pangkal paha setelah diberi anestesi lokal.

Pada tahun 2005, katup aorta raja digantikan dengan katup jantung rekaan. Katup semacam itu dapat menetap antara 10 dan 15 tarikh, kata keluarga kerajaan. (lj/uh)