Presiden Biden Resmikan Juneteenth Siap Hari Libur Nasional

presiden-biden-resmikan-juneteenth-jadi-hari-libur-nasional-1

Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Kamis (17/6), menandatangani undang-undang dengan memberlakukan satu hari libur federal baru untuk mengingat berakhirnya perbudakan di Amerika Serikat.

Juneteenth National Independence Day mau diperingati setiap tanggal 19 Juni.

“Dengan menjadikan Juneteenth sebagai hari libur federal, seluruh warga Amerika bisa merasakan kekuatan hari ini & belajar dari sejarah kita, dan merayakan kemajuan, beserta memahami perjalanan yang telah kita tempuh, dan serupa perjalanan yang masih harus kita lewati, ” sebutan Biden.

Hari libur ini mencatat suatu hari pada tahun 1865 ketika tentara Federasi atau Serikat memberitahu sekelompok budak kulit hitam pada Galveston Texas, bahwa itu sudah bebas. Peristiwa itu terjadi 2, 5 tahun setelah Presiden Abraham Lincoln menandatangani Proklamasi Emansipasi.

Dalam sambutannya dalam Kamis (17/6), Biden meluluskan penghormatan kepada Opal Lee yang berusia 94 tarikh, seorang aktivis yang acapkali dijuluki “Nenek Juneteenth, ” yang menerima tepuk lengah meriah dari hadirin.

Selama lebih dari 40 tahun Lee telah berjuang agar Juneteenth diakui, dan terakhir pada 2016 ketika dia mengeluarkan “Opals Walk 2 DC” dengan harapan meraih pertolongan kongres untuk memberlakukan tanggal itu sebagai hari libur federal.

Banyak negara bagian di AS sudah menetapkan Juneteenth sebagai hari libur.

Pemberlakuan terbaru ini menjadikan total tersedia 11 hari libur federal, dan ini yang prima ditambahkan sejak Hari Martin Luther King diberlakukan sebagai liburan pada 1983.

Produk legislatif liburan Juneteenth ini datang ke meja Presiden Biden setelah diloloskan secara sempurna di Senat pada Selasa (15/6), dan lolos dalam DPR dengan selisih pandangan 415 lawan 14 bahana pada Rabu (16/6). [jm/em]