PLTN Uni Emirat Arab Mulai Penerapan Listrik

PLTN Uni Emirat Arab Mulai Penerapan Listrik

Sebuah pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) pada Uni Emirat Arab mulai memproduksi listrik dan menyalurkan hasil produksinya, kata pihak berwenang negara tersebut, Rabu (19/8).

Jawatan berita pemerintah, WAM, mempublikasikan foto-foto yang menunjukkan para pekerja sedangkan sibuk beraktivitas di instalasi nuklir Barakah yang terletak dekat perbatasan dengan Arab Saudi itu.

Pihak berwenang belum memberi kesempatan kepada jurnalis untuk meninjau instalasi itu selama bertahun-tahun metode konstruksinya, meski muncul banyak tuntutan. Meski demikian, para pengawas daripada Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) telah meninjau dan mengevaluasi instalasi tersebut.

Menurut dasar, instalasi ini akan mengoperasikan empat reaktor, dan menyuplai sekitar 25 persen kebutuhan listrik di negara kaya minyak itu. Instalasi nuklir Barakah merupakan hasil kerjasama UEA dan Korea Selatan, dan adalah instalasi nuklir pertama di Jazirah Arab yang dibangun untuk membikin listrik.

Amerika Konsorsium memuji program nuklir UEA karena tidak melibatkan usaha pengayaan serta daur ulang bahan nuklir. Daya seperti akan memungkinkan UEA melahirkan uranium yang dapat dikembangkan untuk senjata nuklir. [ab/uh]