Pertentangan Nagorno-Karabakh: Armenia, Azerbaijan Sepakat Tak Akan Target Warga SipilÂ

Pertentangan Nagorno-Karabakh: Armenia, Azerbaijan Sepakat Tak Akan Target Warga SipilÂ

Armenia dan Azerbaijan sudah sepakat untuk tidak menarget wilayah pemukiman dalam konflik di provinsi Nagorno-Karabakh yang telah menewaskan ratusan orang.

Suara itu dicapai Jumat (30/10) dalam pembicaraan di Jenewa antara para-para menteri luar negeri kedua negeri, bersama dengan perwakilan dari Prancis, Rusia dan Amerika Serikat.

Armenia dan Azerbaijan berjanji untuk “tidak dengan berniat menarget penduduk sipil atau obyek non-militer” dan juga setuju untuk menukar mayat pejuang serta menukar daftar tawanan perang.

Namun, kesepakatan kedua negeri yang bertikai itu gagal menyentuh kesepakatan gencatan senjata, setelah upaya tiga gencatan senjata sebelumnya malang. Gencatan senjata terbaru dimediasi dalam Washington hari Minggu lalu oleh Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo dan menyusul dua gencatan senjata sebelumnya yang gagal yang dinegosiasikan oleh Rusia.

Rusia, Amerika Serikat, dan Prancis memimpin bersama Grup Minsk, dengan dibentuk oleh Organisasi untuk Keamanan dan Kerja Sama di Eropa pada tahun 1992 untuk menengahi konflik tersebut. [lt/pp]