Pemindahan Publik akan Segera Kembali Berfungsi Secara Nasional di Korsel

Pemindahan Publik akan Segera Kembali Berfungsi Secara Nasional di Korsel

Warga Korea Selatan mau diwajibkan mengenakan masker saat memakai transportasi publik dan taksi yang akan mulai kembali beroperasi, Selasa (26/5), dalam skala nasional.

Peraturan ini disampaikan Yoon Taeho, pejabat di Kementerian Kesehatan, Senin (25/5), menyusul rencana negara itu untuk semakin meningkatkan kegiatan warganya sementara mencari lebih banyak cara untuk memperlambat penyebaran virus corona.

Ia juga mengumumkan, pemakaian masker juga hendak diwajibkan dalam penerbangan domestik dan internasional mulai Rabu (27/5).

Mulai Juni, para pemilik fasilitas-fasilitas berisiko tinggi, seperti mengamuk, kelab malam, pusat kebugaran, tempat karaoke dan gedung konser akan mengharuskan para pelanggan mengunduh isyarat digital (QR code) fasilitas tersebut sehingga mereka bisa dengan mungkin dilacak apabila penularan terjadi. Pelanggan juga diberi pilihan untuk menganjurkan data informasi pribadi secara terekam bila menolak mengunduh kode tersebut.

Korea Selatan melaporkan 500 kasus baru setiap keadaan pada awal Maret sebelum keputusannya berhasil mengontrol wabah itu secara metoda pelacakan dan tes yang dilakukan secara agresif. Namun tingkat penularan agak meningkat sejak mula Mei setelah lebih banyak karakter beraktivitas di luar seiring melonggarnya peraturan social distancing dan cuaca dengan menghangat, sehingga membangkitkan kekhawatiran di negara yang sekolah-sekolahnya baru balik dibuka itu.

“Sebelum obat dan vaksin ditemukan, kita tidak tahu kapan krisis Covid-19 akan berakhir. Sebelum itu berlaku, kita harus belajar bagaimana tumbuh dengan Covid-19, ” kata Yoon.

Korea Selatan sekitar ini memiliki 11. 206 peristiwa dengan 267 kematian. Peningkatan peristiwa penularan baru-baru ini terjadi di kawasan metropolitan Seoul yang penuh, dan umumnya terkait dengan kegiatan kelab malam dan tempat per lainnya. [ab/uh]