Pemasaran Buku Swedia Pecahkan Rekor di Tengah ‘Staycation’ dan PandemiÂ

penjualan-buku-swedia-pecahkan-rekor-di-tengah-ac280c298staycationac280c299-dan-pandemia-2

Penjualan buku di Swedia mencapai titik sempurna sepanjang masa pada paruh pertama tahun 2021 sebab orang-orang lebih jarang bepergian dan lebih banyak menghibur diri di rumah selama pandemi, pencapaian yang asing biasa setelah rekor tahun 2020.

Asosiasi Penjual Buku Swedia, Rabu (11/8) menyebutkan mutlak penjualan naik 10 tip dibandingkan dengan periode dengan sama tahun 2020, dengan kenaikan penjualan buku cap sebesar tujuh persen dan buku digital 14 tip. Buku untuk anak-anak mencetak penjualan terbesar.

Dibandingkan dengan separuh tahun pertama sebelum pandemi tahun 2019, total penjualan naik sekitar 18 komisi.


Suasana di kira-kira toko buku di kota kecil pantai timur Trosa, Swedia 11 Agustus 2021. (REUTERS/Anna Ringstrom)

“Tren yang kita amati semenjak awal pandemi terus bersambung. Penjualan buku lewat toko digital terus naik, tetapi penjualan buku di gardu buku biasa menurun, ” demikian pernyataan dari federasi tersebut.

“Selain itu, banyak bagian asosiasi yang melaporkan kalau pelanggan yang sudah divaksinasi mulai kembali mengunjungi toko-toko mereka dan ‘staycation’ pula ikut berperan dalam peningkatan penjualan di musim radang ini. ”

Maria Hamrefors, ketua asosiasi tersebut, mengatakan toko-toko yang terletak di kota-kota besar dan mal menolong penurunan perdagangan buku dalam toko. “Sementara itu, penjualan buku di toko-toko pada resor liburan atau dalam daerah tempat orang susunan – dan bekerja pada rumah – sangat cantik, ” katanya.


Seorang pelanggan melihat barang-barang dalam toko buku di tanah air kecil pantai timur Trosa, Swedia, 11 Agustus 2021. (REUTERS/Anna Ringstrom)

Di Trosa, pantai Baltik, Helena Vazquez Sohlstrom, pemilik anyar dari toko buku yang sudah berdiri selama seabad di kota kecil itu mengatakan penjualan naik dalam paruh pertama tahun 2021, sama seperti penjualan tarikh 2020.

Pada tahun 2020, total penjualan buku di negara Nordik naik sembilan obat jerih. [es/dw]