MUI Segera Keluarkan Sertifikasi Halal buat Vaksin Covid-19

MUI Segera Keluarkan Sertifikasi Halal buat Vaksin Covid-19

Menawan Ulama Indonesia (MUI) akan melahirkan sertifikasi halal untuk vaksin Covid-19 eksperimental yang dikembangkan oleh Sinovac Biotech yang berbasis di China.

Kantor berita Associated Press, Selasa (8/12), mengadukan bahwa sertifikasi akan menjadi bagian penting dalam upaya program imunisasi di Indonesia yang mayoritas warganya beragama Islam, jika vaksin tersebut disetujui untuk digunakan.

“Dilaporkan bahwa kajian Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal dan Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika MUI telah selesai dan sudah disampaikan untuk pembuatan fatwa & sertifikasi halal vaksin oleh MUI. Untuk itu saya ucapan terima kasih, ” kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dalam video konferensi dalam Jakarta, Senin (7/12).

Lebih dari 1 juta dosis vaksin Covid-19 eksperimental dengan dikembangkan oleh Sinovac tiba pada Indonesia pada Minggu (6/12) malam. Pemerintah belum memiliki jadwal surat untuk memulai program vaksinasi tersebut.

Menteri Kesehatan tubuh Terawan Agus Putranto mengatakan di dalam Senin ( 7/12) bahwa vaksin eksperimental harus berhasil menyelesaikan tes klinis tahap ketiga sebelum mampu didistribusikan di Indonesia.

“Pemerintah akan memberikan vaksin dengan terbukti aman dan lolos tes klinis sesuai rekomendasi Organisasi Kesehatan tubuh Dunia, ” kata Terawan.

Hermawan Saputra dari Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia mengatakan 1, 2 juta dosis hanya cukup untuk kelompok awal yang terdiri dari 600 ribu karakter, karena setiap orang harus memiliki dua dosis.

“Itu tidak terlalu berarti. Pemerintah harus menjamin akan ada lulus (vaksin) untuk didistribusikan ke semesta negeri, ” kata Saputra.

Saputra mengatakan, jika uji coba vaksin lolos uji klinis tahap ketiga, program imunisasi diharapkan bisa dimulai pada pertengahan tahun depan.

Pemerintah telah mengumumkan rencananya untuk menggunakan vaksin dari beberapa produsen berbeda di dalam upayanya untuk memvaksinasi masyarakat. Sekitar ini, calon vaksin Sinovac merupakan satu-satunya vaksin yang baru tiba di Indonesia.

Senin (7/12), Kementerian Kesehatan mengumumkan 5. 754 kasus Covid-19 baru, jadi total paseien yang terkonfirmasi menjadi 581. 550. Angka itu termasuk 17. 867 kematian, yang sempurna di Asia Tenggara. [ah/au/ft]