Menghadap Peluncuran Album Terbarunya, ABBA Rilis 2 Single Gres

jelang-peluncuran-album-terbarunya-abba-rilis-2-single-baru-1

Lewat akun Twitternya, gerombolan musik legendaris asal Swedia, ABBA, mengajak penggemarnya untuk mendengarkan dua lagu terbaru mereka, “I Still Have Faith in You” & “Don’t Shut Me Down”.

Benny Andersson, salah seorang anggota ABBA yang kini berusia 74 tahun, mengatakan, “Saya kira albumnya cukup baik. Saya harus katakan bahwa kami telah melakukannya sebaik jadi di usia kami. ”

Bjorn Ulvaeus, anggota ABBA (76 tahun), menambahkan, “Di usia kami, ada objek yang mendalam, yaitu irama dan lirik secara menyeluruh. Dan tentu saja, bagaimana cara mereka menyanyikan serta membawakan lagu tersebut, semuanya, termasuk banyaknya pengalaman serta waktu bertahun-tahun yang kami harap orang dapat merasakannya. ”

Ke-2 single itu termasuk di dalam album terbaru ABBA. “Voyage” yang akan dirilis pada tanggal 5 November kelak. Album itu merupakan lanjutan dari album “Visitor” yang dirilis pada tahun 1981, yang merupakan album final supergroup asal Swedia itu sebelum mereka memasuki masa rehat yang sangat lama.

ABBA saat berlatih di studio rekaman Benny. (Twitter/@ABBAVoyage)


ABBA saat berlatih pada studio rekaman Benny. (Twitter/@ABBAVoyage)

Bjorn menambahkan, “Kami akhirnya melakukannya, masuk ke studio rekaman dan cakap bahwa jika rekaman tersebut kurang baik, kami tak akan pernah merilisnya. Jadi kami merasa sangat besar. Juga ada pepatah lama dalam industri musik dengan mengatakan, Anda seharusnya tidak rehat lebih dari 40 tahun setelah merilis album. ”

ABBA merilis klip video “I Still Have Faith in You” beberapa waktu lulus dengan menggunakan cuplikan arsip klip video “Super Troupers. ” ABBA juga menampilkan kumpulan foto lama itu yang digabung dengan rekaman video pada masa kejayaan mereka, hingga tur belakang di Jepang pada tahun 1980.

Menggunakan klip videonya itu, ABBA juga ingin memperlihatkan corak mereka dalam bentuk digital atau “Abbatars”, yang hendak ditampilkan dalam konser irama virtual di London di tanggal 27 Mei 2022.

Bjorn Ulvaeus mengatakan, “Kami disarankan untuk menggelar mati sebagai hologram, empat ataupun lima tahun lalu. Ana segera mendapati bahwa itu tidak mungkin lagi dikerjakan karena hologram merupakan teknologi usang. Tetapi visi kalau diri kami dapat dibuat secara digital, itu dasar mungkin dilakukan. ”

Lagu “Don’t Shut Me Down” mengisahkan tentang seorang perempuan yang berupaya mendekati pasangannya setelah bercerai selama bertahun-tahun. [lj/uh]