Masyarakat Asing Naik Pesawat Komersial di Bandara Kabul

warga-asing-naik-pesawat-komersial-di-bandara-kabul-1

Kira-kira 200 warga asing termasuk warga negara Amerika Serikat, terbang keluar dari Afghanistan dengan sebuah penerbangan komersial internasional dari bandara Kabul hari Kamis (9/9). Itu merupakan keberangkatan skala gede pertama sejak penarikan gerombolan asing dan AS yang terburu-buru pada akhir Agustus lalu.

Keberangkatan itu menandai sebuah terobosan signifikan dalam koordinasi ikatan tidak mulus antara AS dan penguasa baru Taliban di Afghanistan.

Taliban telah menyatakan memberi kesempatan bagi warga aneh dan Afghanistan yang mempunyai dokumen perjalanan yang sah untuk meninggalkan negara tersebut. Akan tetapi kebuntuan semasa berhari-hari terkait beberapa pesawat sewaan di bandara asing menimbulkan keraguan pada gadai Taliban tersebut.


Pesawat komersial milik maskapai penerbangan Qatar Airways, lepas landas sebab bandara di Kabul, Afghanistan, 9 September 2021. (AP)

Penerbangan Qatar Airways hari Kamis (9/9) landas meninggalkan Kabul menuju Doha.

Penerbangan tersebut merupakan yang pertama berangkat dari bandara Kabul semenjak pasukan Amerika meninggalkan negara itu pada akhir Agustus. Penarikan pasukan Amerika masa itu disertai dengan keresahan dalam pengangkutan udara atas puluhan ribu warga langka dan warga Afghanistan dengan melarikan diri dari Taliban. [mg/jm]