Mahkamah Yunani Putuskan Partai Sayap Kanan sebagai Organisasi Kriminal

Mahkamah Yunani Putuskan Partai Sayap Kanan sebagai Organisasi Kriminal

Pengadilan Yunani, Rabu (10/7) menyingkirkan keputusan penting yang menetapkan kelompok politik sayap kanan, Golden Dawn sebagai organisasi kriminal.

Golden Dawn pertama kali memimpin kursi di parlemen pada tarikh 2012 yang menjadikannya partai terbesar ketiga selama krisis utang yang melumpuhkan negara itu. Partai itu memperoleh banyak pendukung dengan program anti-imigran dan anti-pengurangan defisit taksiran pemerintah.

Jaksa penuntut memulai penyelidikan dan penangkapan para pemimpin partai atas serangkaian kekejaman setelah seorang pendukungnya ditangkap pada 2013 karena membunuh musisi dan rapper Pavlos Fyssas, yang berkongsi dengan kelompok sayap kiri.

Tepat sebelum putusan keadaan Rabu tersebut, pengadilan banding pada Athena memvonis pendukung Golden Dawn, Yiorgos Roupakias atas pembunuhan Fyssas.

Persidangan terkait status Golden Dawn sebagai organisasi kriminal dimulai pada tahun 2015. Golongan itu menyatakan pihaknya dijadikan target yang bermotif politik.

Beberapa jaksa menuntut 65 karakter termasuk 18 mantan legislator Golden Dawn karena menjadi anggota sistem kriminal.

Puluhan bagian partai dan tersangka lainnya bertemu sejumlah dakwaan mulai dari pembunuhan hingga kesaksian palsu terkait dengan serangkaian serangan terhadap sejumlah imigran dan aktivis sayap kiri.

Ruang sidang dipenuhi sorak-sorai setelah keputusan hari Rabu, seperti yang dilakukan ribuan lainnya dalam luar Gedung pengadilan. Akan namun situasi di luar memburuk kala kelompok-kelompok anarkis yang tidak lumrah melemparkan bom-bom molotov ke arah polisi, yang menanggapi dengan udara air mata dan meriam tirta.

Amnesty International dengan mengembangkan sistem untuk mendokumentasikan kekerasan rasial di negara itu, membuktikan putusan itu dapat meningkatkan upaya untuk memerangi kejahatan rasial. [mg/jm]