Hawaii Terhindar dari Badai Douglas

Hawaii Terhindar dari Badai Douglas

Sebagian besar Hawaii selamat dari Badai Douglas yang berjalan tepat di utara Oahu, Maui, dan pulau Hawaii, juga lumrah sebagai pulau Besar, Senin (27/7) pagi.

Badai Bagian 1 berada pada apa dengan disebut oleh para peramal cuaca sebagai jalur “dekat berbahaya” tetapi pulau-pulau tersebut berhasil “menghindari tembakan” ujar seorang kepala polisi, ketika badai itu sedikit membelok sejak jalur yang diperkirakan. Tidak dilaporkan adanya kerusakan parah akibat abu lebat dan angin kencang dengan ditimbulkan Douglas.

Tetapi ancaman terhadap Hawaii belum sepenuhnya berakhir. Peringatan akan badai dikeluarkan untuk beberapa bagian Monumen Nasional Laut Papahānaumokuākea – situs Warisan Dunia yang digambarkan sebagai “gugusan pulau-pulau kecil dan dataran rendah serta atol” – di barat laut Kepulauan Hawaii utama.

Peringatan akan datangnya badai tropis telah dikeluarkan untuk bagian lain Papahānaumokuākea, yang merupakan kawasan konservasi terbesar yang sepenuhnya dilindungi di Amerika, dan salah satu kawasan konservasi bahar terbesar di dunia. Kawasan seluas 1. 508. 870 kilometer kotak itu berada di Samudera Pasifik.

Senin (27/7) terang waktu Hawaii, Douglas masih merupakan badai berbahaya dengan kekuatan angin 130 kilometer per jam tetapi diperkirakan akan melemah pada Selasa (28/7) hingga Rabu (29/7). [ka/pp]