Hanna Melemah Jadi Depresi Tropis, Douglas Ancam Hawaii

Hanna Melemah Jadi Depresi Tropis, Douglas Ancam Hawaii

Angin besar Hanna telah melemah menjadi kemerosotan tropis di Meksiko timur bahar. Namun badai kedua, Douglas, mengancam Hawaii.

Hanna menyurut pada Minggu (26/7) setelah memukul pesisir Teluk Texas sehari sebelumnya sebagai badai Kategori 1, yang membawa hujan lebat dan angin kencang di negara bagian yang juga terdampak wabah virus corona itu.

Para penguasa telah mengevakuasi sejumlah pasien Covid-19 ke rumah sakit lain bertugas menyediakan ruang bagi kasus-kasus penting terkait bencana badai.

Hanna memutus aliran elektrik di beberapa bagian Texas selatan, menghancurkan kapal-kapal dan membanjiri jalan-jalan, tapi tidak ada kematian ataupun luka serius yang dilaporkan pada Texas atau Meksiko.

Para peramal cuaca mengatakan gaya Hanna terus melemah dan menyelam di Meksiko utara pada Senin (27/7).

Sementara dalam Pasifik, peringatan badai dikeluarkan pada sebagian besar Hawaii sementara Topan Douglas mendekati kepulauan itu.

Para peramal cuaca membicarakan Douglas sebagai badai berbahaya dengan angin kencang hingga 140 kilometer per jam.

Curah hujan setinggi hingga 25 sentimeter diperkirakan terjadi di sebagian wadah pada Senin (27/7). Warga diperingatkan untuk mewaspadai ombak berbahaya, banjir bandang dan tanah longsor. [vm/ft]