Gempa Blitar: Ratusan Bangunan Hancur, Tidak Ada Korban Roh

Gempa berkekuatan 5, 9 magnitudo yang menggoyang Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Jumat (21/5), mengakibatkan ratusan bangunan di sejumlah kota di provinsi tersebut rusak. Bencana itu juga mengakibatkan satu warga luka berat, satu luka ringan, tetapi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengadukan tidak ada korban mati.

BNPB di keterangannya di situs webnya, Sabtu (22/5), mengatakan keburukan pada bangunan memiliki kedudukan yang berbeda. Selain sendi, gempa tersebut juga merusak sejumlah fasilitas kesehatan, panti ibadah, sekolah dan fasilitas umum lainnya.

BNPB mengatakan pasca gempa yang terjadi pada serta pukul 19. 09 WIB dan berpusat 57 km tenggara Blitar itu, sedang terdapat empat gempa terusan dengan kekuatan 2, 7 hingga 3, 1 magnitudo. Pusat gempa susulan, sekapur BNPB, terjadi dengan kedalaman yang berbeda.

Badan Penanggulangan Bahaya Daerah (BPBD) telah mengirimkan sejumlah bantuan untuk awak terdampak gempa antara asing sembako, lauk pauk dan terpal. Bantuan untuk menanggung penanganan COVID-19, seperti kedok kain dan masker medis, juga diberikan. [ah]