GANDAR Serukan Kepada Korea Mengadukan Agar “Terlibat Secara Diplomatik”

as-serukan-kepada-korea-utara-agar-terlibat-secara-diplomatik-1

Amerika Serikat mengatakan, pihaknya siap untuk terlibat secara diplomatik dengan Pyongyang guna mencapai sasaran akhir, yakni denuklirisasi Semenanjung Korea, menyusul kajian kebijakan selama berbulan-bulan terhadap Korea Utara.

“Yang kita miliki sekarang adalah kebijakan yang menyerukan sebuah pendekatan praktis dengan terkalibrasi, yang terbuka & akan menelusuri diplomasi secara Korea Utara, untuk membuat kemajuan praktis yang memajukan keamanan bagi Amerika, sekutu kami, dan pasukan saya disana, ” kata Gajah Luar Negeri Antony Blinken dalam konferensi pers maya bersama Menlu Inggris Dominic Raab di London, Senin (3/5).

Raab mengatakan, Inggris dan Amerika “berbagi paradigma strategik” & kedua negara akan saling mendukung upaya masing-masing.

Pada Jumat (30/4), pemerintahan Biden mengumumkan pihaknya telah menyelesaikan kajian daripada kebijakan terhadap Korea Melahirkan, dan mengutarakan keterbukaan dengan negara komunis yang mengucilkan diri itu. Amerika juga diduga akan menunjuk utusan khusus untuk menanggapi isu-isu HAM Korea Utara.

Korea Utara mengecam Amerika dan sekutu-sekutunya dalam Minggu (2/5) dalam serangkaian pernyataan, katanya komentar terbaru dari Washington adalah petunjuk dari sebuah kebijakan yang bermusuhan.

Suatu pernyataan dari Kwon Jong Gun, kepada urusan Amerika Utara di Kementerian Sungguh Negeri Korea Utara, memperingatkan, bahwa Pyongyang akan mengusahakan “langkah-langkah setara. ”

Dia juga mengucapkan jika Washington berusaha mendekati hubungan dengan Pyongyang menggunakan “kebijakan yang sudah kadaluwarsa dan kuno” dari prospek perang dingin, maka Amerika akan menghadapi sebuah gawat yang semakin tidak bisa ditanggungnya dalam waktu depan ini. [jm/em]