Dunia Catat Lebih dari 135 Juta Kasus Virus Corona

Iran memulai lockdown 10 hari pada Sabtu (10/4) untuk menekan gelombang keempat infeksi virus corona. Di Bucharest sekitar 1. 000 karakter memprotes pembatasan terkait COVID-19. Dan di Paris, lebih dari 100 orang didenda karena makan di restoran yang melanggar peraturan pembatasan sosial.

Dalam seluruh dunia tercatat lebih dari 135 juta peristiwa dan hampir 3 juta kematian, menurut Pusat Riset Virus Corona Johns Hopkins. Virus masih merajalela tatkala masyarakat lelah menghadapi lockdown .

Di Iran, lebih dari 250 kota, termasuk ibu kota, Tehran, dinyatakan sebagai zona merah. Artinya, wilayah itu memiliki tingkat positif virus corona tertinggi dan pembatasan menyesatkan ketat. Lebih dari 85 persen warga Iran berada di zona merah ataupun oranye, kata pihak berwenang.

Di Bucharest, demonstran datang ke Lapangan Kemenangan dan Lapangan Universitas Sabtu (10/4) untuk menentang pembatasan terkait pandemi.

Pada hari yang sama, Romania mencatat hampir satu juta infeksi virus corona dan hampir 25 ribu kematian, menurut Johns Hopkins.

Di sebuah restoran di Paris, bertambah dari 100 pengunjung didenda, kata polisi Sabtu (10/4). Manajer restorannya ditangkap. Pada insiden kedua, lebih dibanding 60 orang didenda karena makan di dalam ruangan pada waktu makan terang. Semua restoran dan kafe tidak menyediakan layanan pada dalam ruangan di Prancis selama lima bulan. [vm/ft]