Biden di Majelis Umum PBB Mendesak Persatuan, Hadapi Tantangan Global

biden-di-majelis-umum-pbb-mendesak-persatuan-hadapi-tantangan-global-1

Presiden AS Joe Biden mengatakan dunia harus bekerja sama seperti sebelumnya untuk menghadapi tantangan global.

Berbicara di Majelis Umum PBB buat pertama kalinya sebagai kepala negara Amerika, Biden mengatakan, “Keamanan, kemakmuran, dan kebebasan kita saling berhubungan, tidak seperti sebelumnya. ”

Biden mencatat AS “kembali hadir di forum-forum global, terutama PBB. ” Kelakuan itu sangat kontras dengan doktrin “America First” dari pendahulunya, Donald Trump.

Presiden AS Joe Biden dalam pembukaan sidang ke-76 Majelis Umum PBB di New York, AS, 21 September 2021. (REUTERS/Eduardo Munoz/Pool)


Kepala AS Joe Biden di pembukaan sidang ke-76 Menawan Umum PBB di New York, AS, 21 September 2021. (REUTERS/Eduardo Munoz/Pool)

Isu terkait kekuatan tentara, Biden mengatakan “Kekuatan militer AS harus menjadi pilihan langkah terakhir, bukan dengan pertama. Itu tidak boleh digunakan sebagai jawaban bagi setiap masalah yang berlaku di seluruh dunia. ”

Acara tahunan PBB itu merupakan kesempatan bagi majelis yang terdiri dari 193 negara bagian akan membahas sejumlah tantangan dalam kepentingan regional dan global.

Biden melakukan perjalanan ke New York pada Senin malam untuk pertemuan langsung secara sekitar 100 kepala negara di markas besar PBB. Setelah pidatonya hari Selasa (21/9), Presiden Biden mengadakan pertemuan di luar kesibukan itu di New York dengan Perdana Menteri Australia Scott Morrison, dan lalu pada hari yang cocok menjadi tuan rumah untuk Perdana Menteri Inggris Boris Johnson untuk beberapa perembukan di Gedung Putih. [mg/ka]