Berfoto Tanpa Masker, Presiden Chili Didenda Rp 49 Juta

Berfoto Tanpa Masker, Presiden Chili Didenda Rp 49 Juta

Otoritas Kesehatan Chili mengatakan Kepala Sebastian Pinera dikenai denda sebesar $ 3. 500 atau selaras dengan Rp 49, 3 juta, Jumat (18/12), setelah melakukan swafoto (selfie ) dengan seseorang tak dikenal minus mengenakan masker.

Reuters melaporkan Chili menerapkan aturan ketat terkait kewajiban mengenakan kedok di seluruh tempat umum. Pelanggaran terhadap aturan tersebut akan dihukum dengan sanksi yang mencakup dam dan bahkan hukuman penjara.

Pinera meminta maaf atas pelanggaran itu, kemudian menyerahkan diri tak lama setelah foto selfie tersebut muncul di jalan sosial pada awal Desember.

Presiden menjelaskan kalau dia sedang berjalan sendirian di sepanjang pantai dekat rumahnya pada kota tepi laut Cachagua, Chili, ketika seorang perempuan mengenalinya & meminta foto bersama.

Foto itu menunjukkan sang presiden dan perempuan itu datang sangat dekat satu sama lain tanpa menggunakan masker.

Puncak kasus infeksi virus corona di Chili terjadi di dalam Mei dan Juni, selama musim dingin di belahan bumi daksina, dan kemudian mereda hingga November. Namun, kasus meningkat lagi, memerosokkan pemerintah memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Chili melaporkan 581. 135 peristiwa dan 16. 051 kematian semenjak wabah dimulai pada Maret. [ah/ft]