Balai Pengawas Facebook Umumkan Enam Kejadian Pertama

Balai Pengawas Facebook Umumkan Enam Kejadian Pertama

Dewan penilik Facebook pada hari Selasa (1/12) mengumumkan kasus pertama yang bakal diperiksa untuk menentukan apakah peristiwa itu akan membatalkan keputusan perusahaan media sosial raksasa itu untuk menghapus konten.

Lembaga yang dibentuk Oktober lalu itu akan mengkaji kasus pengguna Facebook dan Instagram yang mengatakan konten mereka telah dihapus secara lupa.

“Karena mahkamah itu tidak dapat mengkaji di setiap kasus, kami memprioritaskan kasus-kasus yang berpotensi mepengaruhi banyak pengguna dalam seluruh dunia, yang sangat istimewa untuk wacana publik atau dengan menyampaikan pertanyaan-pertanyaan penting tentang kecendekiaan Facebook, ” demikian pernyataan jawatan itu pada hari Selasa (1/12).

Dari enam peristiwa pertama yang dikaji dewan tersebut, tiga kasus mencakup pernyataan bernada kebencian, kasus ketelanjangan, kasus “individu yang berbahaya” dan kasus mengenai potensi informasi pandemi Covid-19 dengan salah.

Reuters melaporkan sejak Oktober lalu dewan tersebut telah menerima 20 ribu peristiwa yang mungkin harus dikaji. [em/pp]