Australia Temukan Klaster Baru Virus Corona di Kapal Kargo

Australia Temukan Klaster Baru Virus Corona di Kapal Kargo

Sebuah klaster virus corona terdeteksi, Selasa (26/5), di sebuah pesawat kargo yang sedang merapat di pelabuhan Fremantle, Australia Barat.

Enam dari 48 jasmani kapal dari Kuwait itu teruji positif virus corona empat hari setelah kapal pengangkut hewan ternak itu tiba dari Uni Emirat Arab, Jumat lalu, kata Gubernur Australia Barat Mark McGowan.

Keenam awak kapal tersebut saat ini sedang menjalani karantina di sebuah hotel di tanah air dekatnya, Perth, sementara para pejabat kesehatan sedang mempertimbangkan apa yang dilakukan terhadap para awak asing kapal itu, katanya.

Sekitar 56. 000 ekor kambing dari kapal kargo itu kini ditahan di kandang-kandang ternak depan pelabuhan tersebut. Mereka akan dimasukkan kembali ke kapal dalam kaum hari dan tidak akan dipulangkan ke ladang-ladang peternakan tempat itu berasal karena peraturan karantina, sebutan McGowan.

Pihak berwenang memperkirakan, jumlah awak yang jeblok sakit di kapal kargo itu akan bertambah, dan kapal tersebut sendiri akan membutuhkan pembersihan lengkap sebelum diizinkan melanjutkan perjalanan.

Kapal milik Kuwait tersebut meninggalkan Uni Emirat Arab di 7 Mei dan diberi permisi oleh Departemen Pertanian, Perairan dan Lingkungan Australia Rabu lalu, buat melakukan transit di Freemantle biar empat awaknya menderita suhu lembaga tinggi 15 hari menjelang kapal itu merapat.

Pihak berwenang pelabuhan mengatakan, mereka terakhir mengetahui kemungkinan sejumlah awak pesawat itu tertular virus corona di Minggu, beberapa hari setelah pesawat itu merapat sehingga tidak sempat memberi tahu pemerintah setempat sebelumnya.

Pihak berwenang saat ini sedang berkompromi dengan agen pesawat itu untuk mengatur pemberangkatannya secepatnya mungkin. [ab/uh]