Angin besar Tropis Eta Menguat Ketika Tiba di Florida

Angin besar Tropis Eta Menguat Ketika Tiba di Florida

Para-para peramal cuaca mengatakan, badai tropis Eta kemungkinan menguat lagi ketika melanda negara bagian Florida dalam Minggu (8/11) malam atau Senin (9/11) pagi.

Pusat Badai Nasional AS di Miami pada Minggu (8/11) mengeluarkan peringatan badai bagi wilayah Florida Keys dan ujung selatan negara bagian itu. Gubernur Ron DeSantis menyatakan keadaan darurat pada Sabtu (7/11), dan para pejabat menutup pantai dan pelabuhan, menghentikan proses transportasi umum dan mendesak warga untuk tidak keluar rumah.

Menurut pusat badai, Eta memiliki kecepatan angin maksimum 100 kilometer per jam pada Minggu (8/11) siang dan bergerak ke arah utara dan barat bahar dengan kecepatan 22 kilometer bohlam jam di atas Selat Florida.

Ketika mendarat Selasa (3/11) di Amerika Tengah, Eta merupakan badai Kategori 4 dalam skala intensitas badai Saffir-Simpson.

Badai itu menyebabkan ratusan orang tewas atau hilang dalam seluruh Honduras dan Guatemala pada Amerika Selatan, serta di Meksiko di Amerika Utara. Di Guatemala, para petugas SAR masih mencari lebih dari 100 orang dengan hilang dalam tanah longsor pada San Cristobal Verapaz yang dikarenakan hujan lebat akibat badai Eta,

Eta melanggar pantai Kuba sebagai badai tropis pada Minggu (8/11), menyebabkan air sungai meluap dan banjir dalam sepanjang pantai, di mana 25. 000 orang telah dievakuasi. Tetapi, belum ada laporan mengenai maut. Sebuah peringatan badai tropis selalu diberlakukan di beberapa bagian Bahama, dan sebanyak Florida. [vm/ft]