Acara Penganugerahan Academy Award 2021 Mungkin Ditunda

Acara Penganugerahan Academy Award 2021 Mungkin Ditunda

Acara pemberian Academy Award tahun depan kira-kira ditunda karena terganggunya perilisan film-film di bioskop yang disebabkan oleh pandemi virus corona.

Tulisan yang diterbitkan hari Selasa (19/5) di majalah hiburan Variety mengutip seorang sumber anonim dengan mengatakan “kemungkinan besar” acara tahunan tersebut, yang dijadwalkan ditayangkan di 28 Februari di stasiun televisi ABC, akan ditunda.

Tetapi sumber itu juga membuktikan bahwa rinciannya belum dibahas sepenuhnya atau diusulkan secara resmi.

Berdasarkan ketentuan Academy of Motion Picture Arts and Sciences, penyelenggara acara tersebut, film-film kudu dirilis di bioskop-bioskop tradisional sebelum 31 Desember agar memenuhi kondisi untuk mendapat nominasi Oscar. Namun dengan ribuan bioskop di bervariasi penjuru negeri ini tutup kelanjutan pandemi, banyak film yang dijadwalkan dirilis di bioskop kini diputar perdana melalui layanan streaming digital laksana Netflix, yang mendorong Academy buat mengubah peraturan-peraturannya agar film-film tersebut juga dapat dinominasikan.

“Masuk akal karena kita tidak benar-benar tahu apa yang bakal terjadi terkait dengan ketersediaan pemutaran di bioskop, ” kata presiden Academy, David Rubin kepada Variety, ketika ditanya kapan peraturan hangat akan diumumkan. “Kami perlu memberi kelonggaran pada tahun ini sekadar dan selama masa ini masa bioskop-bioskop tidak buka untuk melihat dan merayakan karya film yang hebat, ” lanjutnya. [uh/ab]